-->

APLIKASI RKAS SEKOLAH CARA INSTALASI DAN REGISTRASI

Hello Sahabat!
Pada tahun 2020 ini telah dikembangkan system informasi manajemen keuangan sekolah yang disebut dengan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Aggaran Sekolah (ARKAS). untuk mengenal lebih jauh berikut informasinya yang disediakan petunjuk instalasi dan registrasi dan file petunjuk Faq RKAS Sekolah untuk mempermudah dalam menggunakannya.
Apa itu aplikasi RKAS Sekolah? 
Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. 
Bagaimana cara mendapatkan aplikasi RKAS Sekolah? 
Aplikasi RKAS Sekolah ini berbasis desktop. Jika sekolah ingin menginstalnya dapat didownload dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Buka situs : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ 
2. Pilih menu Unduh. Kemudian klik tombol Unduh yang ada pada website
Bagaimana cara instal aplikasi RKAS sekolah? 
1. Buka situs : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2. Pilih menu Unduh. Kemudian klik tombol Unduh yang ada pada website. Seperti gambar berikut:
3. Setelah didownload, buka file hasil downloadnya.
4. double mengklik file Setup-RKAS.exe.
5. Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.
6. Ceklist create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next.
7. Klik Install.
8. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
9. Klik Finish, Sampai pada bagian ini sebenarnya proses instalasi sudah selesai. Berikutnya secara otomatis aplikasi RKAS akan terbuka.
Bagaimana cara update aplikasi RKAS Sekolah? 
Aplikasi RKAS Sekolah ini memiliki fitur auto update, sehingga jika ada versi yang terbaru dan menemukan koneksi internet maka akan secara otomatis terupdate ke versi yang terbaru. Pada proses update ini biasanya aplikasi ketika dijalankan akan terasa lambat, hal ini dikarenakan ada proses download terlebih dahulu. Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS.
Bagaimana cara Aktivasi aplikasi RKAS sekolah? 
Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan aktivasi. Pada form aktivasi ini sekolah bisa memperolehnya dari dinas pendidikan sekolah tersebut.
Pastikan ketika melakukan aktivasi ini terkoneksi ke jaringan internet. Form Aktivasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah agar aplikasi tidak sembarangan digunakan dan harus ada penanggungjawab aplikasi. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data aktivasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan: 
a. Kode Aktivasi (wajib diisi) : kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan terkait. 
b. Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah. 
c. Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Supaya lebih aman, gunakanlah email sekolah, sehingga ketika terjadi pergantian pegawai atau operator tidak harus mengganti alamat emailnya. 
d. No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah. 
e. Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui. 
f. Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
g. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).
h. Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.
i. Kemudian klik tombol registrasi
j. Selesai.
Download FAQ APLIKASI RKAS SEKOLAH disini

0 Response to "APLIKASI RKAS SEKOLAH CARA INSTALASI DAN REGISTRASI"

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Postif untuk perkembangan kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel